Kamis, 16 November 2017 - 22:31:20 WIB
Ikatan Mahasiswa Tegal Laporkan Penyerobotan Lahan ke Polisi
Diposting oleh : Kabarberitaku
Kategori: Hukum Kriminal - Dibaca: 162 kali


 


Kabarberitaku.com, ( Slawi )- Ikatan Mahasiswa Tegal Seluruh Indonesia (IMT-SI) Korda Tegal, dimintai keterangan di Unit 3 Polres Tegal atas laporannya tentang kasus dugaan pencaplokan ( Penyerobotan-red) lahan pertanian oleh salah satu pengusaha Kabupaten Tegal. Kamis (16/11/2017)


Pencaplokan lahan yang dimaksud adalah penggunaan lahan pertanian untuk industri yang tidak sesuai dengan peraturan tentang tata ruang.

Syaekhul Hadi(23) koordinator IMT-SI Korda Tegal saat dimintai keterangan di Pores menjelaskan bahwa temuan mahasiswa tentang pencaplokan lahan pertanian ini didukung data kuat sehingga segera diadukan kepada pihak berwajib untuk ditindaklanjuti.

Menurutnya, pencaplokan lahan pertanian tanpa ijin dari pejabat yang berwenang melanggar UU Tata Ruang dan ada sangsi pidananya. “Kami menemukan data tentang dugaan pencaplokan ini saat sedang melukan penelitian dan data sudah kami lengkapi serta kami adukan ke Polres agar segera ditindaklanjuti. Pencaplokan Lahan pertanian ini jika tak bisa dipertanggungjawabkan jelas melanggar UU Tata ruang dan ada sangsi pidananya.” Jelas syaekhul.

Syaekhul juga menambahkan bahwa seluruh fungsionaris IMT-SI sudah dikomunikasikan dan akan terus mengawal kasus ini sampai tuntas sebab ini menyangkut kejahatan lingkungan.

“Pemerintah sudah bersusahpayah melindungi lahan pertanian dengan Peraturan Perundang-undangan agar tercapainya daulat pangan. Namun jika para kaum Kapitalis yang hanya memikirkan keuntungan semata tanpa wawasan lingkungan, jelas ini kejahatan lingkungan yang harus dilawan!.” Tambah Syaekhul.

Hingga berita ini diturunkan, baik POLRES maupun Pemerintah Kabupaten Tegal belum memberikan Keterangan. (Danu/Kbk)




BERITA TERKAIT