Kamis, 16 November 2017 - 22:21:59 WIB
BMKG: Waspadai Hujan yang Dapat Timbulkan Banjir dan Longsor
Diposting oleh : Kabarberitaku
Kategori: Pemerintahan - Dibaca: 76 kali


Automatic Weather Station (AWS) merupakan alat untuk mengamati unsur-unsur cuaca secara otomatis milik BMGK Kota Tegal.( Foto: Susilo/Kbk)

Kabarberitaku.com, (Tegal) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tegal, mengimbau masyarakat di kota dan kabupaten Tegal untuk mewaspadai potensi hujan lebat pada bulan Nopember 2017. Hujan lebat tersebut berpotensi menimbulkan banjir dan longsor.

 

" diperkirakan seminggu kedepan Tegal masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat disertai petir atau kilat dan angin kencang," kata Kepala BMKG kota Tegal Nur Zaman melalui Prakirawan cuaca Sayful Amri.

Menurut Sayful , berdasarkan analisis kondisi atmosfer terkini masih terpantau beberapa indikasi munculnya potensi hujan lebatdan angin kencang di sekitar wilayah kota Tegal dan Kabupaten Tegal.


" Wilayah Kabupaten Tegal memiliki curah hujan yang lebih tinggi dibanding wilayah pantura. Wilayah selatan Kabupaten Tegal curah hujan lebih tinggi daripada kota Tegal. Masyarakat diharapkan waspada terhadap dampak yang diakibatkan oleh potensi cuaca buruk," kata Sayful ditemui di kantor BMKG kota Tegal jalan Kolonel Sugianto Nomor 100 Kemandungan kota Tegal, Kamis (16/11/2017) siang.

Ia menghimbau kepada masyarakat di wilayah pantura karena menurutnya lebih berpotensi terkena bencana banjir daripada di daerah selatan atau Kabupaten Tegal.

Sedangkan di wilayah Kabupaten terutama sekitar pegunungan dan pertambangan galian C berpotensi longsor." BMKG hanya bisa memperkirakan cuaca dengan model cuaca numerik selama 7 hari kedepan dengan inputan data yang diamati dan didukung dengan pengetahuan prakirawan,"ucapnya.(Susilo/Kbk)




BERITA TERKAIT