Kamis, 16 November 2017 - 22:06:51 WIB
Jelang Musim Hujan, BPBD Kota Tegal Antisipasi Banjir
Diposting oleh : Kabarberitaku
Kategori: Pemerintahan - Dibaca: 108 kali


 

Kabarberitaku.com, (Tegal) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tegal, mulai melakukan antisipasi dan siaga bencana jelang musim hujan yang diperkirakan terjadi pada pertengahan tahun 2017 dan awal tahun 2018 mendatang.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Tegal, Andri Yudi Setiawan, kepada kabarberitaku.com, menerangkan, menerangkan bahwa saat ini pihaknya melakukan beberapa antisipasi dan persiapan menghadapi musim hujan nanti.

" Kami akan melaksanakan apel siaga penanggulangan bencana pada Rabu 27 Nopember 2017 mendatang. Kami juga menjalin kerjasama dengan TNI dan Polri dalam kesiapan menghadapi bencana seperti banjir pada musim hujan.Selian itu kami telah menyiapkan 1 unit mobil rescue, dari Dinsos 1 unit mobil, dari satpol PP 1 unit mobil, dari damkar 4 unit mobil rescue dan linmas 1 unit mobil rescue," kata Yudi, Kamis ( 16/11/2017) diruang kerjanya.

Selain itu, lanjut Yudi, kami memiliki 1 unit perahu dan mendapat bantuan dari Lanal Tegal 1 unit perahu, dari Polresta Tegal 1 unit perahu.

Disebutkan Yudi hampir setiap tahun di Kota Tegal mengalami bencana ketika musim hujan yakni, banjir. Seperti yang terjadi pada bulan Februari 2017 lalu di wilayah Kelurahan Kaligangsa dan Krandon disebabkan karena luapan polder kemudian dampaknya mengenai wilayah Kelurahan Cabawan dan Margadana.

Sedangkan banjir di wilayah Kelurahan Sumurpanggang dan Kalinyamat Kulon disebabkan karena luapan sungai Kemiri.

Mantan Lurah Cabawan itu menuturkan minimnya personil BPBD kota Tegal juga menjadi kendala tidak semua wilayah kota Tegal yang terendam banjir mendapatkan pertolongan.

Menurutnya, BPBD hanya memiliki 5 orang PNS, 4 orang Satgas dan 30 relawan yang disiagakan. Mereka nantinya tersebar di 3 posko yaitu posko induk dikantor BPBD kota Tegal, posko polder Kaligangsa dan posko kelurahan Tegalsari.

Dalam menghadapi musim hujan yang berpotensi banjir, dia berharap Pemkot Tegal mampu menjalin koordinasi yang lebih baik lagi dengan lintas sektoral. "Harapan kami, lintas sektoral dapat terjalin lebih baik lagi guna menghadapi bencana banjir di kota Tegal," pungkasnya.(Susilo/Kbk)




BERITA TERKAIT