Senin, 13 November 2017 - 21:41:15 WIB
DPRD Kota Tegal Dukung Uji Petik Cantrang
Diposting oleh : Kabarberitaku
Kategori: Politik dan Parlemen - Dibaca: 73 kali


 

Kabarberitaku.com, ( Tegal)- DPRD kota Tegal mendukung langkah adanya uji petik di Tegal untuk membuktikan cantrang tidak merusak lingkungan.


“Pada prinsipnya uji petik , harus dilakukan untuk membuktikan, sebetulnya masyarakat nelayan kota Tegal mengharapkan adanya uji petik yang transparan sehingga tidak terjadi opini yang kesannya terjadi ketidakadilan" kata Ketua DPRD Kota Tegal Edi H.Suripno,SH, Senin ( 13/11/2017) usai mendampingi nelayan berdialog dengan Dirjen Kementerian kelautan dan Perikanan RI, Syarif Wijaya.

Menurut dia, pelaksanaan uji petik merupakan sarana bersifat netral yang dapat diterima semua pihak jika kemudian tidak ditemukan indikasi kerusakan lingkungan, kebijakan yang dibuat pemerintah pusat perlu dievaluasi.

“Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 2 Tahun 2015 terkait dengan larangan cantrang perlu dievaluasi karena argumen yang digunakan tidak tepat,” ujar politikus PDIP

Selain itu, kata dia, uji petik ini akan memberikan kenyamanan di kalangan nelayan yang menggunakan alat tangkap ikan berupa cantrang.

“Hingga saat ini, belum ada alat tangkap ikan yang bisa digunakan untuk mendapatkan hasil sebaik cantrang, sedangkan "purse seine" atau pukat cincin investasinya mahal dan memberatkan nelayan,” katanya.(Susilo/Kbk)

 




BERITA TERKAIT