Minggu, 05 November 2017 - 15:00:22 WIB
TJ Laundry , Utamakan Kepuasan Pelanggan dan Kualitas Pelayanan
Diposting oleh : Kabarberitaku
Kategori: Bisnis - Dibaca: 124 kali


 

Perkembangan bisnis laundry kian pesat seiring meningkatnya jumlah hunian baru serta mahalnya upah pembantu rumah tangga. Salah satunya, bisnis laundry yang dijalankan oleh Ryan Saeful Rizal. Sarjana Komputer ini membuka jasa cuci pakaian dengan nama TJ Laundry . Berlokasi di jalan Pondok Pesantren Babakan kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal, depan SMK Al Fajar Babakan Kabupaten Tegal.

Meski bisnis yang dirintis baru seumur jagung, dirinya begitu optimistis akan sukses.TJ Laundry melayani beragam jasa laundry. Ada Laundry Coin (cuci, kering, lipat) serta Paket Cuci dan Setrika (cuci, kering, setrika). Selain itu, melayani jasa cuci satuan, bed cover, karpet, boneka dan sebagainya. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Mulai dari Rp 6 ribu per 6 kilogram.

Pemilik TJ Laundry Ryan Saeful Rizal merintis bisnisnya dengan tekad yang kuat bermodal puluhan juta rupiah, kini telah menguasai pasar dibeberapa kecamatan Kabupaten Tegal seperti kecamatan Lebaksiu, Balapulang, Slawi, Pangkah dan Adiwerna. Sejak berdiri 2015 lalu, kini TJ Laundry dapat meraup omzet puluhan juta setiap bulan. Bahkan salah satu pondok pesantren dan guru SMK Al Fajar di desa Babakan kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal telah mempercayakan kebersihan dan kesucian pakaian santri dan pengurus pondok kepada TJ Laundry. Pengelola pondok pesantren dan SMK Al fajar telah menjadi pelanggan tetap TJ Laundry di tahun 2016.

Melihat potensi pasar yang besar, pemilik usaha TJ Laundry yang juga direktur CV. Tijani Mandiri Global, Ryan Saeful Rizal yakin mampu memberikan pelayanan prima dan bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan. "Kami selalu berupaya memberikan yang terbaik, membuat inovasi-inovasi baru dan meningkatkan fasilitas jasa. Kami juga bertekad untuk menyekolahkan karyawan kami sampai ke jenjang strata I. Sedangkan untuk  semua pelayanan menggunakan delivery secara gratis, karena kami selalu mengedepankan kuliatas dan pelayanan demi kepuasan pelanggan," kata Ryan.

Menurutnya, yang membedakan usahanya dengan laundry lainnya yaitu dari sisi kesucian lebih terjaga. Menurutnya, sebagai umat muslim yang terpenting yaituvmenjaga kesucian pakaian. Pria yang juga salah satu pengurus komunitas Laundry Bregas dan anggota asosiasi Laundry Indonesia itu mengaku telah mendaftarkan TJ Laundry dalam aplikasi beenatu. menawarkan promosi lebih besar jika konsumen memesan jasa laundry melalui layanan beenatu.

Kelebihan lainnya , kata Ryan , dalam proses mencuci pakaian pelanggan TJ Laundry menggunakan  detergen, pewangi, softener dengan kualitas yang dikhususkan untuk laundry yang didatangkan langsung dari Jakarta.

Selain itu ada proses sortir untuk mencegah pakaian luntur, pakaian dengan noda bandel dipisahkan. "Proses pencucian dilakukan secara terpisah tiap konsumen untuk menghindari penularan penyakit kulit dan pakaian tertukar," pungkasnya.(Susilo/Kbk)




BERITA TERKAIT