Jumat, 19 September 2014 - 22:22:12 WIB
Kota Tegal Kembali Raih Penghargaan Tingkat Nasional
Diposting oleh : Jabur Pantura
Kategori: Pemerintahan - Dibaca: 13175 kali


kabarberitaku.com, ( Tegal )-Setelah belum lama menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha kategori lalulintas dari kementrian perhubungan,  kembali meraih prestasi penghargaan tertinggi di bidang SANITASI “SANIPURA AWARD” untuk kategori Indikator Regulasi. Piala diberikan Menko Kesra HR. Agung Laksono, di terima oleh kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Pemkot Tegal. Imam Badarudin pada Kamis (18/9/2014) di Sabuga Bandung.

 Walikota Tegal Hj Siti Masitha Soeparno, melalui kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Pemkot Tegal Imam Badarudin menyampaikan, bahwa penghargaan ini merupakan bagian dari agenda kegiatan tahunan Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) melalui Tim kerja National Sanitation City Ratting (NSCR)2014 yang bertugas melakukan verifikasi terhadap 224 Kab/Kota anggota AKKOPSI yang telah melakukan pengisian data base sanitasi melalui NAWASIS (National Water and Sanitation System).Menurut Imam,  Kota Tegal dapat meraih prestasi penghargaan tertinggi di bidang SANITASI “SANIPURA AWARD” untuk kategori Indikator Regulasi karena dinilai telah mapan dalam dukungan produk-produk hukum dalam menunjang kebersihan Kota.
Imam menjelaskan bahwa Pemeringkatan Pembangunan Sanitasi Kabupaten Kota /National Sanitation City Ratting (NSCR) merupakan upaya untuk mewujudkan perangkat pengukuran pencapaian dan pelaksanaan Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP)

Berdasarkan nominasi awal Kab./Kota yang masuk dalam Kabupaten Unggulan Sanipura Award adalah 28 Kab./Kota dengan 5 kategori yaitu :

1.Indikator Utama NAWASIS (10 Nominasi)

2.Indikator Komitmen pendanaan/Investasi (5 Nominasi)

3.Indikator Regulasi (7 Nominasi)
4.Indikator Inovasi (2 Nominasi)
5.Indikator Keaktifan/Walikota “Champion” (6 Nominasi)

 Lebih lanjut Imam menjelaskan Sebelumnya Kota Tegal telah mengikuti proses-proses penilaian dengan mngirimkan persyaratan-persyaratan yang di minta oleh panitia melalui online internet, yang kemudian ditindak lanjuti oleh tim monitoring langsung ke lapangan ke kota Tegal pada bulan Agustus 2014.Dari hasil kedua penilaian tersebut,  hasil rapat pleno Tim Kerja NSCR diperoleh hasil, Kota Tegal masuk sebagai pemenang pertama untuk kategori Indikator Regulasi bersama Kota Yogyakarta di tempat ke dua.

 

Disisi lain Imam menyampaikan, sebetulnya, Kota Tegal punya peluang untuk mendapatkan Untuk Indikator Utama NAWASIS, piala untuk sanitasi yang lebih tinggi, namun terkendala, karena kota Tegal belum memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA) .(Rosvita/KBk)




BERITA TERKAIT