Kamis, 26 Oktober 2017 - 20:28:47 WIB
Pemkab Tegal Gandeng Polres Kawal Dana Desa
Diposting oleh : Kabarberitaku
Kategori: Pemerintahan - Dibaca: 91 kali


 

kabarberitaku.com, ( Slawi )- Dalam rangka mewujudkan pengelolaan Dana Desa yang efektif, efisien dan akuntabel Pemerintah Kabupaten Tegal dan Kepolisian Resor Tegal menyepakati kerjasama dalam bidang pencegahan, pengawasan, dan penanganan masalah Dana Desa, Alokasi Dana Desa ( ADD), yang dituangkan dalam sebuah nota kesepahaman, Kamis (26/10/2017) di gedung Amangkurat Pemkab Tegal.


Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Tegal Enthus Susmono,Kapolres Tegal AKBP Heru Sutopo, menghadiri acara Penandatangan Nota Kesepahaman antara Bupati dengan Kepala Kepolisian Resort Tegal.

Kapolres Tegal, AKBP Heru Sutopo menuturkan tindakan preventif yang dilakukan APH dalam menangani DD dan ADD dengan selalu melakukan pendampingan dari mulai perencanaan hingga membuat laporan pertanggungjawaban.

"Tindakan preventif yang kami lakukan dengan melakukan pendampingan bersama kejaksaan mulai dari perencanaan hingga membuat laporan pertanggungjawaban. Kami sudah membekali Babinkamtibmas supaya nanti bisa mengarahkan bagaimana membuat perencanaan yang baik, bagaimana pelaksanaan yang baik, bagaimana Membuat pertanggungjawaban yang baik sehingga benar-benar optimalisasi dana desa ini bisa tercapai" kata Heru.


Disampaikan oleh Kapolres, Perjanjian Kerja Nota kesepahaman atau MoU ini dapat membantu Kabupaten Tegal dalam memperoleh dukungan dari Polres Tegal berupa bantuan pengamanan dan tindakan penertiban lainnya, apabila berhadapan dengan permasalahan dana desa.“ Dengan adanya perjanjian kerja sama nota kesepahaman ini menjadi momentum untuk menyatukan tekad dan ikhtiar bersama dalam rangka mendukung implementasi di lapangan, sehingga dari tahap awal sampai pelaksanaan dapat berjalan lancar dan tertib baik secara administratif, teknis operasional serta ketentuan hukum yang berlaku,"kata Kapolres

Ia berharap dengan adanya MoU ini akan terwujud pengelolaan dana desa yang efektif, efisien dan akuntabel melalui kerja sama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal dengan Polres Tegal

"Saat ini Kepolisian Resort Tegal berupaya bagaimana kedepan dalam melaksanakan dana desa tersebut dapat tepat sasaran. Apabila memang ada upaya upaya suatu tindakan karena ke alfaan , maka itu harus segera diluruskan. Saya minta nanti kasat reskrim untuk bekerja sama dengan kapolsek dan kanit kanit yang ada dijajaran agar membuka diri untuk bisa berkonsultasi kepada kepala desa," ungkapnya.

Sementara Bupati Tegal, Enthus Susmono dalam kesempatan itu mengaku telah melakukan kerjasama dengan kepolisian dan kejaksaan dalam menangani pembangunan infrastruktur sejak tahun 2016. "Di Kabupaten Tegal itu sendiri kan sejak tahun 2016, kegiatan lelang dan pokja tentang infrastruktur. Saya meminta dua pendamping, dari kepolisian dan kejaksaan agar bisa memantau, supaya mereka tahu prosesnya, siapa pemenangnya. Di kesempatan ini pun sama, dalam pengelolaan dana desa kami ingin melibatkan kepolisian dan kejaksaan"ucap Enthus.(Susilo/Kbk)




BERITA TERKAIT