Jumat, 13 Oktober 2017 - 21:01:02 WIB
Tidak Terima Dipecat, Supriyanto Gugat BK dan Ketua DPRD Kota Tegal
Diposting oleh : Kabarberitaku
Kategori: Hukum Kriminal - Dibaca: 354 kali



Kabarberita.com, ( Tegal )-  H. Supriyanto, politisi asal  PPP, ini kembali menggugat keputusan DPRD kota Tegal, setelah diberhentikan dari keanggotaannya di DPRD Kota Tegal.


Pantuan kabarberitaku.com, Rabu ( 11/10/2017). Sidang perdana gugatan yang dilayangkan oleh H. Supriyanto. Tegal ini mengugat 1. Ketua DPRD Kota Tegal, H. Edi Suripno,SH dan tergugat 2 yaitu Ketua Badan Kehormatan, dr. Hj. Siti Rohmah dari Fraksi Golkar.


Dalam sidang tersebut, duduk sebagai hakim ketua Ranto Sambungan Silalahi, SH, MH. kemudian sebagai hakim anggota Ardhianti Prihastuti SH dan Fatarony SH, serta sebagai hakim pendamping yaitu Dedi Setiawan, SH.Dalam sidang perdana ini, pengadilan mempersilahkan kedua pihak pengugat maupun tergugat untuk bisa menyelesaikan perkara ini secara mediasi. Setelah dilakukukan mediasi tidak menemukan kata sepakat.

"Harapan saya dengan adanya mediasi ini saya bisa kembali menjabat sebagai anggota DPRD kota Tegal" Ucap Supriyanto.

Jika Supriyanto kembali menjabat sebagai anggota DPRD kota Tegal maka konsekuensinya pihak tergugat harus membayar ganti rugi sebesar 2,6 milyar rupiah.

Terpisah, Edi Suripno menjelaskan bahwa apa yang dilakukan DPRD kota Tegal dengan menonaktifkan Supriyanto sudah benar. "Pada prinsipnya lembaga DPRD (kota Tegal) sudah melaksanakan aturan dan perkara ini juga sudah ditangani oleh kepolisian dan telah memiliki kekuatan hukum tetap. Sehingga ketika dilakukan pemberhentian (sebagai anggota DPRD) menurut kami sudah sesuai aturan dan mekanisme peraturan perundang-undangan. Ditambah lagi partai yang mengusungnya pun telah mengeluarkan surat pemberhentian kepada anggota dewan tersebut (Supriyanto)" papar Uyip sapaan akrab Ketua DPRD Kota Tegal.




Seperti diberitakkan sebelumnnya Badan Kehormatan DPRD Kota Tegal menjatuhkan sanski berupa pemberhentian kepada anggota DPRD fraksi PPP, Supriyanto.

Keputusan itu menyusul putusan Pengadilan Negeri (PN) Kota Tegal yang memvonis Supriyanto dengan enam bulan penjara beberapa waktu lalu.

Ia terbukti melakukan tindak pidana perzinaan. Ketua BK DPRD Kota Tegal, Siti Rohmah, menyatakan seusai putusan yang dibacakan majelis hakim PN Kota Tegal, BK menggelar rapat internal."Keputusan rapat, memberikan sanksi tegas kepada yang bersangkutan. Yakni berupa pemberhentian sebagai anggota dewan," kata Siti, Jumat (21/7/2017).

Keputusan itu, kata dia, berdasarkan peraturan DPRD Pasar 27 Ayat 7 yang menyebutkan bahwa BK dapat memberikan sanski kepada anggota DPRD tanpa melalui tahapan, apabila anggota melakukan kesalahan yang merusak citra dan kehormatan lembaga dewan.

Sanksi juga diajukan ke partai untuk diganti sebagai anggota dewan melalui mekanismenya pergantian antar waktu (PAW). Sementara, Ketua DPRD Kota Tegal, Edy Suripno, menuturkan sebelum ada putusan dari pengadilan, sejak kasus itu mencuat, Surpiyanto telah dijatuhkan sanksi berupa pencopotan dari alat kelengkapan dewan.(Susilo/Kbk)




BERITA TERKAIT