Rabu, 20 September 2017 - 22:34:05 WIB
Enthus: Ormas dan LSM Jangan Hambat Pembangunan
Diposting oleh : Kabarberitaku
Kategori: Pemerintahan - Dibaca: 478 kali



Kabarberitaku.com, ( Slawi ) - Organisasi masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat diminta tidak menghambat pembangunan. Demikian dikatakan Bupati Tegal, Enthus Susmono, dibacakan oleh Sekda Kabupaten Tegal  dr. Widodo Joko Mulyono, M.Kes, M.M saat memberikan sambutan rapat kordinasi peningkatan konsuldasi keamanan wilayah kabupaten Tegal, Rabu ( 20/09/2017), diruang rapat Nusantara Gedung. Amartha Setda Lantai 2.


Sekdai menyampaikan , beberapa hal yang perlu dicermati dalam peran dan fungsi dari Ormas dan LSM. " Hal inilah yang harus dicermati,sikapi dan awasi agar dalam partisipasinya menjalankan peran, fungsi dan tanggungjawabnya, Ormas atau LSM tidak menjadi bagian yang justru menghambat pelaksanaan proses pembangunan. Ormas dan LSM harus ikut serta menjaga dan memelihara stabilitas keamanan, keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Peningkatan peran dan fungsi Ormas dalam pembangunan memberi konsekuensi pentingnya membangun sistem pengelolaan Ormas yang memenuhi kaidah Ormas yang sehat sebagai organisasi nirlaba yang demokratis, profesional, mandiri, transparan, dan akuntabel,"kata Joko.

Kemudian lanjut Sekda,sebagaimana diketahui, Ormas dengan segala bentuknya hadir, tumbuh dan berkembang sejalan dengan sejarah perkembangan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dan dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Negara Republik Indonesia mencatat, Ormas merupakan wadah utama dalam pergerakan kemerdekaan diantaranya Boedi Oetomo, Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama dan Ormas-Ormas lain yang didirikan sebelum kemerdekaan Republik Indonesia.

Peran dan rekam jejak Ormas yang telah berjuang secara ikhlas dan sukarela tersebut mengandung nilai sejarah dan merupakan aset bangsa yang sangat penting bagi perjalanan bangsa dan negara.Namun, dinamika perkembangan sosial dan perubahan sistem pemerintahan dengan segala kompleksitasnya telah membawa paradigma baru dalam tata kelola organisasi kemasyarakatan dalam kehidupan bermasyarakat.

" Tidak sedikit dari kelompok masyarakat kita yang memanfaatkan hak dan kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat tersebut dengan mendirikan Ormas untuk berbagai kepentingan, salah satunya ladang penghidupan atau sematamata bermotif ekonomi dengan memanfaatkan kelemahan pihak-pihak tertentu. Dan tak jarang kehadiran Ormas atau LSM ini menjadi alat tekan bagi kelompok tertentu,"ujar Sekdai.


Untuk itu,lanjut Sekda  pada kesempatan tersebut menghimbau adanya pembinaan Ideologi Pancasila di masyarakat. "Saya berpesan agar upaya pembinaan ideologi Pancasila di masyarakat semakin dikedepankan. Saya meyakini Program Bela Negara bisa melengkapi upaya kita untuk melawan ancaman-ancaman multidimensi, baik dalam bentuk fisik maupun non fisik. Program Bela Negara bisa membangun jiwa patriot dan cinta bangsa untuk melawan ancaman-ancaman tersebut," tutupnya.( Makmur/kbk)





BERITA TERKAIT