Jumat, 11 Agustus 2017 - 22:13:37 WIB
Pilkades Serentak di Kabupaten Tegal Digelar 29 Oktober 2017
Diposting oleh : Kabarberitaku
Kategori: Pemerintahan - Dibaca: 1806 kali



Kabarberitaku.com,( Slawi )- Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades ) yang akan digelar serentak ini harus dan mampu melahirkan pemimpin desa yang mampu mengelola anggaran untuk pembangunan fisik, ekonomi, sosial dan budaya sesuai aturan hukum dan perundang – undangan yang berlaku.

Guna menyuseskan Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades ) atau Pesta Demokrasi Serentak  Tahun 2017 Peran panitia pemilihan Pilkades sangat penting. Seluruh panitia diharapkan bersikap netral dan tidak memihak, sosialisasi tersebut dilakukan juga sebagai rangkaian memberikan penguatan kepada mereka terhadap prinsip-prinsip netralitas yang harus dijunjung tinggi.

Bupati Tegal, Enthus Susmono, mengatakan  Pilkades Serentak di daerah ini telah diatur dalam Keputusan Bupati Tegal melalui Surat Keputusan Bupati Tegal Nomor :  424 Tahun 2017 yang menetapkan tanggal 29 Oktober 2017 dan Keputusan Bupati Tegal Nomor 525 Tahun 2017 tentang Lokasi dan Alokasi Bantuan Keuangan
untuk Biaya Pilkades Serentak Tahun 2017.


" Ada empat tahap Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades ) Tahun 2017, yaitu Persiapan, Pencalonan, Pemungutan Suara dan Penetapan," kata Enthus.

Menurut Bupati Tegal ini,  Pilkades serentak  gelombang I pada tanggal 29 Oktober dilakasanakan di  48 desa
yang mencakup 17 wilayah kecamatan. Sedangkan  besaran alokasi, lanjut Enthus, bantuan keuangan kepada masing-masing pemerintah desa untuk pelaksanaan Pilkades telah diatur melalui Keputusan Bupati Tegal Nomor 525 Tahun 2017 tentang Lokasi dan Alokasi Bantuan Keuangan untuk Biaya Pilkades Serentak Tahun 2017." Besaran alokasi bantuan keuangan Pilkades untuk masing-masing Pemdes bervariasi mendasarkan jumlah daftar pemilih tetapnya, dari terendah Rp. 15 juta hingga tertinggi Rp. 70 juta per desa dengan keseluruhan anggaran mencapai Rp. 1,09 miliar," pungkas Bupati.( Soleh/Kbk)




BERITA TERKAIT