Rabu, 19 Juli 2017 - 18:34:31 WIB
Raperda HIV AIDS Mulai Dibahas
Diposting oleh : Kabarberitaku
Kategori: Pemerintahan - Dibaca: 123 kali


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, dr. Hendadi Setiaji, M.Kes. memaparkan bahaya virus HIV AIDS, saat publik hearing dengan Komisi IV DPRD.(Foto:Makmur/Kbk)



Kabarberitaku.com, ( Slawi )-Pemerintah Kabupaten Tegal dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat tahun ini menggarap rancangan peraturan daerah. Di antaranya, yaitu raperda tentang penanggulangan HIV/AIDS. Peraturan Daerah (Perda) terkait penyebaran virus HIV/AIDS untuk menekan angka penderita virus mematikan itu.

" Kami akan ajukan Ranperda tentang HIV/AIDS," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tgeal, dr. Hendadi Setiaji, M.Kes., Rabu (19/07/2017) saat publik hearing dengan Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal.

Menurut Hendardi Perda ini dianggap penting, mengingat angka pengidap HIV/AIDS di terus meningkat setiap tahun. Nantinya, Perda tentang HIV/AIDS akan mengatur cara pencegahan virus, penanganan pasien, juga pendanaan penanganan HIV/AIDS.

Hendardi menyatakan pemerintah kabupaten Tgeal memberikan perhatian lebih pada kesehatan masyarakat, makanya dirancang berbagai aturan terkait kesehatan." Berbagai aturan terus dibuat untuk memberi perlindungan kepada masyarakat." kata dia.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal, DRs. Munif, menyatakan penularan HIV/AIDS di kabupaten Tegal sudah memprihatinkan. Salah satunya ditularkan dari suami ke istri, kemudian menularkannya kembali ke anak yang dikandung.

Komsi IV berharap, antara KPA bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan beberapa rumah sakit berupaya untuk menangani ibu dengan HIV itu, agar bisa bertahan dan tidak menularkan virus yang menyerang daya tahan tubuh itu." Semoga saja di kabupaten Tegal memiliki program pencegahan penularan HIV dari ibu ke anak. Dengan penanganan khusus, maka diharapkan anak yang dilahirkan tidak ikut terpapar virus,"tutur dia.(Makmur/Kbk)




BERITA TERKAIT