Kamis, 18 Mei 2017 - 12:37:35 WIB
Rapat Paripurna Istimewa DPRD, HUT Kabupaten Tegal Ke 416
Diposting oleh : Kabarberitaku
Kategori: Pemerintahan - Dibaca: 145 kali


Bupati Tegal Enthus Susmono memberikan sambutan dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Tegal HUT Kabupaten Tegal ke 416.(Foto:Makmur/Kbk)

Pakaian Adat hingga Bahasa Jawa

Kabarberitaku.com, ( Slawi )- Bertempat di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Tegal, Rabu (18/5/2017) dilaksanakan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tegal .  Dalam rangka Hut kabupaten Tegal yang ke-416.

Pantuan kabarberitaku.com, sidang paripurna istimewa DPRD Kabupaten Tegal dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Tegal ke 416 terkesan nuansa yang "njawani".  Para Anggota DPRD, Forkompinda, dan Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal memakai busana khas tegalan bernuansa Jawa pada sidang tersebut.

Sebelum pelaksanaan Sidang Paripurna, terlebih dahulu dilaksanakan kirab Pataka dan Pakta Integritas dari Rumah Dinas Bupati Tegal menuju Gedung DPRD Kabupaten Tegal yang diringi 2 (dua) buah truk gamelan. Bupati Tegal didampingi Ny. Nurlaela Enthus Susmono dan Wakil Bupati Tegal Ibu Dra. Hj. Umi Azizah didampingi anaknya menggunakan kereta kencana dan sepanjang perjalanan dari Rumdin Bupati sampai Gedung DPRD Bupati dan Wakil Bupati melakukan "sawur uang" kepada warga yang memadati acara tersebut sepanjang perjalanan.

Pataka dan Pakta Integritas tersebut diserahkan dari keluarga besar keturunan Ki Gede Sebayu pendiri Kab. Tegal yaitu Drs. A. Zamzami, M., Hum kepada Bupati Tegal Enthus Susmono yang diserahkan kepada Pengurus Rois NU KH. Khambal;i Usman, selanjutnya diserahkan kepada Ketua DPRD Kabupaten Tegal di depan pintu masuk gedung DPRD Kabupaten Tegal, yang diwakili oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tegal Rustoyo.

Setelah serah terima pataka dan pakta integtritas, dilanjutkan Sidang Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tegal yang ke 413. Sidang dipimpin Wakil  Ketua DPRD Rustoyo, SH dengan menggunakan Bahasa Jawa Tegalan. Dalam memimpin sidang, beliau didampingi oleh Bupati, Wakil Bupati.

Dalam Sidang Paripurna Hari Jadi Kabupaten Tegal, Bupati Tegal Enthus Susmono menyampaikan sambutan dalam bahasa jawa  tegalan di hadapan Anggota DPRD. Selain itu cerita ringkah berdirinya Tegal  juga dibacakan termasuk nama-nama Bupati Tegal sejak berdiri sampai saat ini.(Makmur/KBK)




BERITA TERKAIT