Senin, 15 Mei 2017 - 14:39:51 WIB
8000 Lebih Anak Di Kabupaten Tegal Putus Sekolah
Diposting oleh : Kabarberitaku
Kategori: Pemerintahan - Dibaca: 2 kali


 

Kabarberitaku.com, ( Slawi )- Angkat putus sekolah  di kabupaten Tegal rupanya masih cukup tinggi. Akumulasi angka putus sekolah dari tahun 2010 sampai tahun 2015  mencapai 8.893 anak, terdiri dari 4.615 drop out SD, 3.057 drop out SMP dan 1.221 drop out SMA atau sederajat.

 

Sementara laporan yang saya terima dari pelaksanaan UAN SMP kemarin, dari 12.734 pelajar peserta UAN, ada 69 pelajar yang terpaksa tidak dapat hadir karena berbagai sebab, antara lain 4 pelajar menikah, 34 pelajar mengundurkan diri dan 19 pelajar karena harus bekerja.

 

Demikian dikatakan Bupati Tegal, dalam sambutannya  pada acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan guru kepala sekolah SD dan SMP Negeri di lingkungan pemerintah kabupaten Tegal, Senin (15/5/2017).

 

Bupati mengatakan, potret permasalahan pendidikan yang menjadi tugas bersama, termasuk Kepala Sekolah yang dituntut memiliki standar kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan yang baik, termasuk pada dimensi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosialnya.

 

“ Terus terang saya merasa prihatin dengan insiden beberapa waktu yang lalu dimana ada 9 orang siswa-siswi yang tertangkap tangan tengah berpesta miras di Alun-Alun Slawi (AAS) yang notabene berada tepat di lingkungan depan Kantor Pemda. Insiden ini telah menjadi sorotan publik nasional dan sangat menciderai semangat pembangunan pendidikan Kabupaten Tegal.

 

Sebelumnya tahun lalu kejadian serupa juga kita dapati di Pantai Munjungagung. Atas fenomena ini, saya minta semua pihak harus mensikapi ini secara serius, termasuk saudara-saudara Kepala Sekolah untuk meningkatkan kepekaannya tidak hanya sebatas pada lingkup pengawasan satuan pendidikan, akan tetapi juga lingkungan dan perilaku peserta didiknya sebagai outcome dari penyelenggaraan sistem pendidikan kita,”kata Enthus.

 

Untuk itu, pada kesempatan, Bupati  berharap, Kepala Sekolah merupakan jabatan strategis dalam penyelenggaraan pendidikan, perpanjangan tangan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal sekaligus ujung tombak pencapaian standar nasional pendidikan.

 

“ Masih banyak tantangan yang harus kita hadapi guna mewujudkan pendidikan yang bermutu dan kehidupan kebangsaan yang cerdas, berkarakter unggul, dan berdaya saing. Terus semangat dan bekerja keras guna mengubah nasib kita, mengubah nasib bangsa kita, menjadi bangsa pemenang.

InsyaAllah dengan semangat itu, bersama kita bisa mewujudkan hari esok yang lebih baik. Selamat bekerja dan senantiasa memberikan yang terbaik untuk kemajuan pendidikan Kabupaten Tegal,” terangnya.(Makmur/Kbk)




BERITA TERKAIT